Monday, July 6, 2009

Di Venezia Internet Gratis


Nyaman sekali internetan di Venezia, Italia. Dimanapun, selagi masih berada di kawasan Venezia, internetan bisa dilakukan kapanpun. Gratis pula. Itu karena pemerintah Venezia telah meluncurkan sistem internet nirkabel atau wireless yang diyakini sebagai sistem wireless terluas di Eropa.

Pemerintah menghabiskan dana sekitar 150 miliyar rupiah untuk membangun sistem ini. Sistem ini membenam kabel sepanjang ribuan kilometer untuk membentuk jaringan wi-fi di seluruh Venezia, kota yang terkenal dengan museum kuno, galeri lukisan dan kanal-kanal indahnya.

Jaringan wi-fi yang pakai, diklaim pemerintah super cepat, sekitar 120 mega. Jaringan ini dinikmati penduduk kota setempat secara cuma-cuma. Walikota Venzia, seperti dikutip BBC mengatakan, jaringan ini memungkinkan tumbuhnya perdagangan melalui internet dan memperluas jaringan televis kabel.

Kelihatannya Venezia tidak mau dianggap sebagai kota kuno. Kota ini ingin bersanding dengan Stockholm, San Fransisco dan Singapura sebagai kota budaya yang dilengkapi dengan teknologi canggih. Pesan, jika mengunjungi Venezia jangan lupa bawa laptop atau netbook! (www.astaga.com)

No comments: