Thursday, July 9, 2009

Bukan CR9 yang Terkaya, Tapi Tiger Woods


Pemasukan uang Cristiano Ronaldo (CR9) per tahun menggiurkan, 24,5 juta euro, atau sekitar Rp 336 miliyar. Meski begitu, Ronaldo bukanlah atlet dengan penghasilan terbesar di dunia. Koceknya masih kalah jauh dari Tiger Woods, Kobe Bryant, Michael Jordan dan Kimi Raikkonen.

Penghasilan per tahun Tiger Woods sungguh luar biasa. Pegolf Amerika Serikat (AS) itu mengantongi 110 juta dolar AS (sekitar Rp 1,1 triliyun), dari Juni 2008 sampai Juni 2009. Itu penghasilan Woods tahun kemarin versi Majalah Forbes.

Woods, juga dinobatkan sebagai atlet terkaya versi Fortunate 50 (milik Sport Illustrated), memang spesies langka. Padahal musim kemarin penghasilannya itu minus sekitar 20 juta dollar lantaran cedera delapan bulan. Woods kehilangan uang tampil disejumlah kejuaraan dan sponsor. Biar kantongnya sedikit berkurang, Woods masih punya “kran” uang lainnya.

Pemasukan lain Woods berasal dari keterampilannya merancang sebuah lapangan golf. Sejumlah lapangan golf di Mexico, Dubai dan North Carolina adalah karyanya.

Di bawah Woods ada pebasket Bryant dan Jordan serta pembalap F1, Raikkonen. Ketiga atlet itu, penghasilannya tahun kemarin adalah 45 juta dollar AS. Jumlah penghasilan ketiga atlet itu ternyata masih kalah jauh dari apa yang dikantongi Woods.

David Beckham menjadi satu-satunya pesepakbola yang nangkring di lima besar. Mantan pemain AC Milan ini mempunyai penghasilan pertahun sebesar 42 juta dollar AS. Pemasukan terbesar Beck, panggilannya, berasal dari sponsor sebesar 27,4 juta euro.

Bila dibandingkan penghasilan antara Beckham dan Woods selisihnya sangat jauh. Bisa tiga kali lipat. Kenapa begitu? Alasannya sponsor berani bayar gede di atlet golf ketimbang pesepakbola.

Gambaran singkatnya seperti ini. Atribut sponsor bisa menempel di pegolf selama 6-8 jam per harinya dalam empat paket di televisi. Di cabang sepakbola, pertandingan berlangsung dua kali: midweek dan weekend dengan total durasi 180 menit (satu pertandingan 90 menit).

Akan tetapi sifat olahraga beregu tidak memungkinkan kamera tertuju pada satu orang, karena bola terus bergulir dari kaki ke kaki. Atribut sponsor jadi tidak fokus terlihat di sepakbola. Maka dari itu Nike berani menyodorkan kontrak sebesar 30 juta dollar AS kepada Woods, sedangkan untuk pesepakbola seperti Ronaldo, Nike berani membayar 6 juta dollar AS per tahun.

Atas dasar itu mengapa Tiger Woods ditasbihkan sebagai atlet terkaya. Biar begitu, cabang sepakbola tetap punya keunggulan, yakni sebagai olahraga terpopuler sejagat.

No comments: