Thursday, May 8, 2008

Kloden Fokus di Giro d’Italia

Menjuarai Tour de Romandie 2008 di Swiss bukan impian Andreas Kloden. Pembalap Tim Astana ini hanya menganggap balapan kategori Pro Tour yang berlangsung 29 April sampai 4 Mei itu sebagai event pemanasan saja. “Menang di tour ini bukan sebuah impian. Tapi hasil ini memuaskan sebelum ikut lomba di Giro d’Italia,” ujar Kloden.

Sebagai salah satu kapten tim selain Alberto Contador dan Levi Leipheimer, Kloden lebih menatap Giro d’Italia. Pembalap berkebangsaan Jerman ini lebih fokus mengejar juara umum di event itu.

Ada indikasi Kloden akan menjadi kapten tim di Giro. “Mulai sekarang, dia adalah yang terkuat dari ketiga kapten yang kita miliki,” kata Juru Bicara Tim Astana, Philippe Maertens.

Kloden, 32 tahun, memulai musim balap ini dengan sulit. Dia harus berjuang melawan bermacam penyakit yang menyerangnya. Dia juga baru bergabung bersama tim saat memasuki pemusatan latihan di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat. Saat balapan di Tour de Romandie, ia mengawali lomba dengan slow.

Ia baru bisa memimpin klasemen umum ketika memasuki etape ketiga (Time Trial) sepanjang 18,8 kilometer. Ia melindas garis finish pertama dengan catatan waktu 25 menit 32 detik. Pada etape terakhir ia masuk finish di posisi 18. Namun catatan waktunya secara keseluruhan tetap yang tercepat. Hingga ia dinobatkan sebagai juara dengan waktu 16 jam 43 menit 20 detik dalam lomba berjarak 659 kilometer itu.

No comments: