Wednesday, March 26, 2008

Tanpa Astana dan Contador di TdF

Tanpa Tim Astana. Tanpa juara bertahan Alberto Contador (25). Tampaknya penggemar olahraga balap sepeda jalan raya terbesar di dunia Tour de France (TdF), sudah harus melupakan kedua nama itu. Diwartakan Agence France Press (AFP), Kamis, 20 Maret 2008 waktu setempat, tim yang menaungi Contador itu tidak diikutsertakan panitia.

Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara TdF 2008 tetap mencoret Tim Astana karena keterlibatannya dalam skandal doping dua tahun belakangan ini. Sebagai gantinya, panitia mengundang tiga tim dari divisi dua (continental pro) guna melengkapi 20 tim yang bakal bertanding 5 Juli nanti. Ketiga tim itu adalah Agritubel (Perancis), Slipstream (Amerika Serikat) dan Barloworld (Inggris Raya).

“Saya percaya ini adalah tim terbaik di dunia,” ujar Direktur Tour, Christian Prudhomme, yang juga menegaskan tidak akan menerima Astana.

Pengundangan tiga tim itu bukan tanpa alasan. Prudhomme tetap mempertahankan pilihannya kepada Tim Barloworld karena tim ini hadir di kejuaraan tahun lalu. Hasil yang diperolehnya adalah dua kemenangan etape dan pemegang king of the mountain jersey (raja tanjakan).

Sementara Agritubel dipilih karena adanya pembalap ternama, Christophe Moreu, juara nasional Perancis 2007. Slipstrem diundang karena filosofi timnya yang anti doping.

20 Tim di Tour de France:

Quick Step (Bel), Silence - Lotto (Bel), Team CSC (Den), Caisse d'Epargne (Spa), Euskatel - Euskadi (Spa), Saunier Duval - Scott (Spa), Bouygues Telecom (Fra), Credit Agricole (Fra), Cofidis Credit Par Telephone (Fra), Francaise Des Jeux (Fra), Ag2R - La Mondiale (Fra), Agritubel (Fra), Gerolsteiner (Ger), Team Milram (Ger), Barloworld (GBr), Lampre (Ita), Liquigas (Ita), Rabobank (Ned), High Road (USA), Slipstream Chipotle (USA)

No comments: