Wednesday, March 26, 2008

Tenaga Cancellara Berbuah Juara

Fabian Cancellara menang di one day race (lomba satu hari). Dari Milano menuju Sanremo, menempuh jarak 298 kilometer, pembalap Swiss ini mengungguli Fillipo Pozzato (Liquigas), Phillippe Gilbert (Francaise des Jeux) dan Juara Paris Nice 2008, Davide Rebellin (Gerolsteiner). Dengan rata-rata kecepatan 41,142 kilometer perjam, berlangsung di Italia, 22 Maret 2008, Cancellara menyelesaikan lomba dengan catatan waktu 7 jam 14 menit 35 detik. “Saya memulai lomba sebagai seorang favorit,” ujar road racer Tim CSC ini, dikutip dari cyclingnews.com.

Penentuan juara terlihat di 2000 meter menjelang finish, di sepanjang jalan Liguiran menuju Sanremo. Peleton terdepan, sekitar 15 pembalap sudah terbentuk sebelumnya. Di antara 15 pembalap itu terdapat Fabian Cancellara, Fillipo Pozzato, Phillipe Gilbert, David Rebelline, Mirco Lorenzetto (Lampre), Anthony Geslin (Bouygeus Telecom), Oscar Freire Gomez (Rabobank), Inigo Landaluze (Euskaltel-Euskadi), Thor Hushovd (Credit Agricole) dan Rinaldo Nocentini (AG2R La Mondiale).

Rebelline dan Pozzato sempat memisahkan diri dan memimpin grup terdepan itu. Tapi tidak beberapa lama, grup kembali menyatu. Setelah sebuah usaha yang dilakukan Landaluze juga tidak menemukan hasil bagus, saat itulah Cancellara menunjukan aksi superiornya. Juara Dunia Time Trial 2007 ini mengeluarkan seluruh tenaganya dan garis finisnya pun ia lindas. Ia meninggalkan Pozzato dan Gilbert yang memimpin peleton depan dengan selisih waktu 4 detik.

“Orang-orang memikirkan apa aku bisa melakukan sesuatu. Terlebih disana ada tanjakan dan ada juga buat sprint. Balapan ini benar-benar penuh tekanan. Tapi saya tetap tenang dan memenangkannya,” ujar pembalap kelahiran Swiss, 18 Maret 1981 itu.

No comments: