Tuesday, March 25, 2008

BMX/MTB DJ Punclut Pump & Jam 2008: Hiburan Kelas Senior


Aksi memukau dirtjumper datang dari kelas senior. Sementara, 15 peserta mencoba pumping track yang baru rampung.

Tiga tenda berdiri tegak. Di tengah area terdapat dua jalur handicap (rintangan). Satu rintangan buat pemula, satunya lagi buat pro atau bahasa slangnya, “nyang jago”. Handicap pemula terdiri dari empat gundukan tanah--dua double jump--. Buat yang pro­ pun demikian. Namun yang membedakan kedua double jump itu adalah ketinggiannya. Double jump pemula tingginya sekitar 1 meter lebih dengan masing-masing gap (celah) sekitar 2 meter. Sedangkan yang pro, tingginya mendekati 2 meter dengan masing-masing gap 2,5 meter­

Kedua jalur itu, pada 16 Maret 2008 ramai dilalui dirtjumper. Mereka berlomba-lomba mengeluarkan trik freestyle yang dapat “membius” dewan juri dalam tajuk Dirt Jump Punclut Pump & Jam 2008, di Punclut, Bandung, Jawa Barat. Setiap peserta diberi kesempatan dua kali mengeluarkan trik di penyisihan dan final round (babak final).

Kelas Senior Open atau sering disebut MC (master of ceremony) sebagai kategori pro menyuguhkan atraksi yang paling menghibur dan membuat penonton bertepuk tangan. Sebelumnya, ekspresi penonton menyaksikan jalannya lomba biasa saja. Mereka tampak tak terhibur menonton rider kelas junior mengeluarkan trik freestyle di atas tanah. Trik dasar, landing buruk, dan lompatan rendah, seolah menjadi poin kejenuhan penonton.

Keahlian (skill) peserta junior dengan senior beda jauh. Contohnya, begitu Didi Triya Sanjaya (24 tahun), peserta kelas senior asal Bandung turun dari puncak start, ia menggowes sepeda melewati dua double jump dengan trik x-up dan memutar sepeda 360 derajat dibarengi gaya memutar stang (360-bar spin), penonton memberi aplaus meriah. Lagi. round kedua, rider Tim Chucky Bandung ini mengeluarkan no foot x-up. Namun gagal di double jump kedua. “Ketika ingin melewati double jump kedua, saya tidak mendapat speed yang cukup. Karena landing saya buruk,” ujar Didi. Hasil itu tetap membuat kagum dewan juri dan menobatkan Didi sebagai juara pertama.

Rezza Aqmal Faizal (20 tahun) melanjutkan hiburan buat penonton. Rider Tim Oakley asal Bandung memukau penonton lewat aksi x-up dan 360 x-up. Esa pangilan akrab Rezza terus membius penonton. Aksi x-up dan 720 di round kedua membuat riuh area trek Dirt Sirkuit Punclut. Walaupun gagal mendarat di landing keduanya, pemuda kelahiran Bandung 26 Januari 1988 ini tetap mengantongi gelar juara kedua.

Penonton terus dibuat berdecak kagum menyaksikan lomba kelas senior. Hiburan itu datang dari juara ketiga, Jujun Junaedi (21 tahun). Rider Tim Eat itu menggowes “tunggangannya” melewati rintangan dengan memutar stang, menyilangkan tangan berbentuk huruf X dan satu kakinya tidak menginjak pedal--trik x-up one foot--. Dan dilanjutkan di double jump kedua dengan trik salto ke belakang (backflip). Kemudian, di round kedua, Jujun mengeluarkan trik x-up dan disusul double tailwhip.

Ketiga rider di atas melengkapi 8 peserta yang mendaftar lomba ini. Kelas senior open tidak mempertandingkan babak final, karena hujan terlanjur mengguyur area trek yang baru rampung tahun ini. “Penilaian kelas senior open ditentukan diputaran pertama (penyisihan),” ujar Asep Tubagus, salah satu juri selain Sonny M. Heryadi.

Pumping Track

Chandra Ariavijaya meliuk lembut di berm pertama, kedua dan ketiga. Di rythem section, teknik pumping rider Oakley/Charmdevo itu juga halus. Sebanyak dua lap, kepiawaian Chandra melewati pumping track itu membawa dirinya juara di kelas Master C. Teknik dan catatan waktu 20,8 detik mengalahkan GB Bathara (Elgato/BAM) dan Pyandono (Volcano).

Kelas ini, menurut Asep Tubagus, sebagai pertandingan percobaan. Aturan mainnya juga sedang mencari format yang baik. Dan untuk kali ini yang dinilai adalah waktu dan teknik pumping peserta. Trek pumping ini melengkapi pembangunan trek secara keseluruhan. Peserta yang ikut 15 orang; 7 orang turun di Master A, 5 orang di Master B dan 3 orang di Master C.

Hasil Lengkap

BMX Junior Open
1.
Hari

2. Roky-Tim Level Bike
3. Havid-Tim Level Bike

Senior Open

1. Didi Triya Sanjaya-Tim Chucky
2. Rezza Aqmal Faizal-Tim Oakley
3. Jujun Junaedi-Tim Eat

MTB Open

1. Dani-BAM/Mahalona
2. Septian-Twenty Six Twenty/Charmdevo
3. Chandra Purnamawan-Oakley/Charmdevo

MTB Pump Track Master A

1. Yedi-Heiger-23.93 detik
2. Petrus-BAM-24.72 detik
3. Yudo-SMH Racing-25.20 detik

MTB Pump Track Master B

1. Bismo-BAM-23.70 detik

2. Ardy-Oakley 24.70 detik

3. Riqqi BAM 25.64 detik

MTB Pump Track Master C

1. Chandra Ariavijaya Oakley/Charmdevo 20.86 detik

2. GB Bathara Elgato/BAM 21.14 detik

3. Pyandono Volcano 27.61 detik

No comments: