Tuesday, August 11, 2009

Schumacher Bisa Menyamai Jordan, Armstrong, Pele


Michael Schumacher, 40 tahun, membatalkan niatnya balik ke arena balapan Formula 1. Kemungkinan Schumacher akan kembali balapan tahun depan. Jika itu terealisasi, ia menyamakan diri dengan Lance Armstrong, Pele, Michael Jordan, dan Martina Navratilova.

Apa persamaanya? Mereka adalah deretan bintang olahraga ternama yang memutuskan untuk bertanding lagi usai menyatakan diri pensiun.

Paling hangat adalah kasus Lance Armstrong, juara balap sepeda Tour de France tujuh kali. Armstrong, 38 tahun, pensiun dari balap sepeda sekitar empat tahun lalu. Dan tahun ini ia memutuskan kembali mengayuh sepeda di ajang Tour de France.

Hasil yang diraih mantan pacar artis Kate Hudson itu terbilang bagus. Ia masuk posisi lima besar individu.

Kemudian ada nama petenis Martina Navratilova. Petenis wanita kelahiran Cekoslowakia ini adalah pengoleksi 18 gelar grand slam semasa aktif. Ia gantung raket tahun 1994, memutuskan kembali lagi ke lapangan tenis enam tahun kemudian.

Prestasinya di usia 38 tahun, usia ia comeback juga tergolong bagus. Ia mampu meraih gelar di grand slam meskipun bukan dari kategori individu. Ia meraih juara di nomor ganda.

Cabang basket juga punya seorang bintang yang menyatakan balik lagi usai pensiun. Dia adalah Michael Jordan, salah satu legenda hidup basket Paman Sam (Amerika Serikat).

Jordan berhenti dari basket tahun 1993. Ia akhirnya memilih jadi atlet di olahraga baseball. Namun kecintaanya pada basket membuat ia kembali ke hall basket pada tahun 1995.

Sebelum pensiun, masih aktif, Jordan tiga kali meraih juara NBA – kompetisi basket terbesar di AS – bersama tim Chicago Bulls. Dan hebatnya lagi ketika comeback, ia juga bisa membawa Bulls meraih tropi NBA sebanyak tiga kali juga.

Nama terakhir adalah Pele. Nama lengkapnya rada panjang, Edison Arantes do Nascimento, usianya kini 68 tahun.

Semasa aktif bermain sepakbola Pele berhasil membawa Brazil meraih juara dunia sebanyak tiga kali (1958, 1962 dan 1970). Ia gantung sepatu selama enam bulan pada tahun 1974 dan kembali merumput pada 1975.

Sekarang tinggal tunggu berita tahun depan. Jika benar Schumi, panggilan akrab Schumacher, comeback ke arena balap, ia akan menyamai para bintang ternama tersebut. (Foto Ist)

No comments: