Thursday, October 30, 2008

Jalur Sepeda UI


Siang, dua-empat mahasiswa mengendarai sepeda hybrid warna kuning di jalur sepeda Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Cuaca, memang sedang tidak panas hari itu. Makanya mereka bisa lalu lalang di jalan konblok sepanjang 5 kilometer. Kalau panas terik, apakah mereka juga mau mengayuh sepeda? Saya belum menyaksikan.

Hari itu saya hanya berpapasan saat musim hujan tiba. Matahari tidak memanggang kampus itu, sehingga mereka asyik menggowes. Setidaknya pembangunan jalur sepeda dengan konsep “green campus and world class campus”, yang diresmikan 27 Juli lalu itu, tidak sepi melompong. Masih ada 5-8 pesepeda mahasiswa yang saya temui sepanjang jalur itu.

Iseng saya bertanya cara memperoleh sepeda merk Polygon itu kepada seorang mahasiswi. “Cuma naro KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) saja kok mas,” kata perempuan berjilbab yang saya ajak bicara. KTM sebagai jaminan diberikan kepada petugas yang mangkal disetiap shelter sepeda. Mudah ya, kalau non-mahasiswa UI bisa gak ya…? (Foto:Jaketkuning.com)

1 comment:

rockingdown said...

Wah, kalo saya yang ditanya gak tau deh jawabnya.
Pertama, saya udah bukan mhs ui lagi. ktm sy udah diblokir.
Kedua, rumah saya dkt bgt sama ui. Jadi daripada ribet pinjem2 mending bawa speda sendiri hehe.
Seru lho bersepeda di UI. apalagi di tengah hutannya (kayak yg saya tulis di blog saya)