Tuesday, March 18, 2008

Tour of Spanyol: Kesempatan Emas Pembalap Spesialis Tanjakan


Pengumuman Kejuaraan Balap Sepeda Jalan Raya Tour of Spanyol (ToS) 2008 atau Vuelta a Espana di Madrid, Spanyol, 5 Desember, siap dimulai. Hal ini terungkap setelah pihak penyelenggara mengumumkan rute yang bakal dilalui pembalap. Diantaranya terdapat 40 kategori tanjakan yang bakal dihadapi pembalap event ini. Lima diantaranya berakhir di atas pegunungan dan satu nomor 16 kilometer Individu Time Trial adalah tanjakan yang diadakan di etape 20 dari La Granja sampai Navacerrada.

Selama tiga minggu kejuaraan, pembalap harus menempuh rute sepanjang 3,169 kilometer. Tour dimulai 30 Agustus 2008 dengan didahului babak prolog Time Trial sepanjang 7 kilometer di Granada. Lalu dilanjutkan ke utara menuju Jean, Cordoba dan Puertollano sebelum nomor 40 kilometer Individu Time Trial kedua di Ciudad Real pada 3 September.

Selama masa istirahat pertama yang dijadwalkan pada 5 September, pembalap akan dipindahkan ke arah timur laut untuk tiga etape. Etape ketujuh, antara Babastro dan Andorra sejauh 224 kilometer dan berakhir dengan sebuah kategori tanjakan menuju Naturlandia-La Rabassa (2050m). Hari berikutnya lebih didominasi oleh rute pendek, 160 kilometer, yakni Andorra sampai Pla de Beret. Etape sembilan antara Viella dan Sabinanigo sedikit lebih mudah, tapi di sini pembalap menemui lagi satu kategori tanjakan sejauh 53 kilometer.

Tiga tahap berikutnya berakhir di Zaragoza, Burgos dan Suances. Ketiga tempat ini relatif hanya ada jalan datar dan merupakan kesempatan emas buat pembalap spesialis spinter untuk memperoleh kejayaan. Masa istirahat kedua berlangsung 12 September. Di masa ini pembalap dapat memanfaatkan waktu untuk memulihkan tenaga sebelum menghadapi tantangan berikutnya.

Etape 13 dari San Vicente de la Barquera menuju daerah yang ditakutkan banyak pembalap, Alto de L’Angliru sejauh 199 kilometer. Tahun lalu, tempat ini tidak disertakan dalam lomba. Sekarang kembali dan membuat 23 persen pembalap merasa takut. Etape berikutnya, sampai etape terakhir yang mengambil finis di Madrid, pembalap menempuh jarak 990 kilometer. Secara keseluruhan, tour tahun depan hampir mirip dengan kejuaraan tahun ini. “Ini akan menjadi tour harapan bagi pesepeda baru,” ujar Direktur Lomba Victor Cordero.

Data dan Fakta:
Nama : Vuelta a Espana
Pertama Kali di gelar : 1935
Pemenang Pertama : Gustav Deloor (Belgia)
Pemenang Terbanyak : Tony Rominger (Swiss) dan Roberto Heras (Spanyol) -3 kali
Pemenang Terakhir : Dennis Menchov
Tour 2008 : 30 Agustus – 21 September

No comments: