Thursday, July 2, 2009

New Ford Ranger Berkelas dan Sporty


Truk berkelas, mewah, dan tampak sporty beredar lagi di pasaran Indonesia. Sambutlah New Ford Ranger. Mobil ini adalah evolusi dari produk tahun 2007.

Bicara tentang truk berkelas dan mewah, tentu pikiran kita akan jatuh pada salah satu produk Ford, yakni Ranger. Desainnya modern dan tangguh dikelasnya. Tahun ini, Ford Ranger berevolusi dari buatan sebelumnya tahun 2007. Dan 25 Juni lalu, Ford Motor Indonesia (FMI) resmi meluncurkan produk Ford Ranger terbaru.

Perubahan kentara New Ranger baru berada di desain aksesoris interior dan exterior yang tampak lebih modern. Desain exterior-nya telah dilengkapi dengan Bonnet Protector. Protector ini berfungsi melindungi kap mesin dari kerikil atau bebatuan. Protectornya mudah dilepas dan mudah dibersihkan. Hebatnya lagi, protector ini tahan terhadap ultra violet sehingga lebih tahan lama dan tidak cepat retak.

Desain exterior lainnya, New Ranger ini memiliki Side Protection Bar. Bentuknya berupa palang besi yang melindungi bagian samping bodi, dan terletak di bagain bawah. Palang besinya pun bekan sekedar pemanis, tapi sudah kompatibel dengan sensor Side Air Bags (ada di tipe XLT). Dijamin, pengendara akan aman jika mobil tertubrak dari samping.

Paling bikin desain luar New Ranger tampak sporty adalah batang besi yang dipasang pada bagian bak pick up. Batang besi ini berwarna krom, benar-benar terasa kesan sporty-nya.

Lantas apakah interiornya juga ciamik seperti desain exteriornya? KataWill Anggrove, Presiden Direktur FMI, “Kehadiran mobil ini begitu mempesona berbagai kalangan”. Berarti interiornya juga bagus.

Di bagian dalam kabin ada aksesoris interior yang namanya, Stainless Steel Scuff Plates. Aksesoris ini melindungi pijakan masuk kabin dari goresan dan terbuat dari bahan stainless steel. Yang bikin keren, terpampang logo “Ford”. Dan kondisi interior dalam New Ranger diklaim Ford senyaman sedan, tersedia sistem audio dan pengatur udara serta konsol tengah dua tingkat.

Untuk performa mesin diesel, New Ranger diklaim Ford handal. New Ranger menggunakan mesin commonrail yang memiliki sistem langsung bertekanan tinggi. Mesin Duratorc TDCI yang dibenamkan di mobil ini dapat menghasilkan torsi besar serta suara mesin yang halus. Tidak berisik.

Sistem transmisi mobil ini otomatis dengan lima kecepatan. Transmisi otomatis 5R55S memiliki rentang rasio gigi yang lebar, sehingga dapat mengimbangi performa mesin dengan efisiensi bahan bakar.

Transmisi otomatis mobil ini juga memilki kopling elektromagnetik yang memungkinkan perpindahan sistem kemudi ke sistem 4x4. Caranya dengan memutar tombol saja, sambil kendaraan dalam keadaan bergerak.

New Ranger tersedia dalam beberapa model. Ada yang model kabin ganda, open cab, kabin tunggal dan Ranger 4x2 Hi-Rider. Penawaran harga New Ranger dimulai dari Rp 139 juta (On the Road). (www.astaga.com)

No comments: