Monday, April 14, 2008

Clerc Bantah Tudingan McQuaid


Patrice Clerc, 59 tahun, geram. Orang nomor satu di Amaury Sport Organization (ASO), sebuah organiser yang banyak menyelenggarakan event olahraga bergengsi, seperti Tour de France, akhirnya bicara perihal tudingan Presiden UCI Pat McQuaid. Clerc, berkata kepada media Perancis Le Monde, 4 April lalu, menolak tudingan McQuaid yang mengatakan kalau ASO bakal membentuk federasi balap sepeda internasional sebagai tandingan UCI.

“Saya ingin menyingkirkan kebohongan itu,” ujar Clerc dikutip bikeradar.com. Menurutnya, ASO tidak mempunyai ambisi mendirikan federasi balap sepeda internasional seperti yang dilontarkan McQuaid sebelum 4 April lalu.

Pernyataan Clerc dan tudingan McQuid makin mempertegas perseteruan kedua organisasi itu. Selama sebulan ini, ASO dan UCI kerap bermasalah. Konflik timbul saat UCI menyelenggarakan balapan kategori Pro Tour Series. Dalam balapan itu, UCI tidak mencantumkan event yang di organiser ASO, seperti; Tour de France, Paris Nice, Vuelta de Espana dan Paris Roubaix yang menyebabkan terpecah menjadi beberapa kategori.

“Selama setahun ini kami (ASO) selalu terlibat dengan UCI dalam transparan pekerjaan, demokrasi dan peraturan lomba. Sekarang siapa yang mengacaukannya! Padahal siapa yang pertama kali datang menawarkan kerjasama,” kata Clerc.

Bulan lalu UCI mengancam akan memberi sangsi anggotanya yang ikut balapan Paris Nice. Namun, semua anggota tidak mematuhinya. Saat itu McQuaid curiga kalau anggota dan pembalapnya diancam tidak bisa bertanding di Tour de France oleh ketua tour jika tidak ikut di Paris Nice. Tapi Clerc menyangkalnya. “ASO tidak mempergunakan Tour de France sebagai alat untuk memblokade para riders, manajemen ataupun sponsor saat itu.”

Sementara, mengenai tujuan UCI membentuk Pro Tour Series, McQuaid mengatakan, balapan kategori ini untuk memperbaiki mutu lomba dengan memperhatikan semua aspek, seperti menguniversalkan bersepeda..

No comments: