Monday, April 14, 2008

48th Vuelta al País Vasco: Contador Juara

Alberto Contador. Foto: Susanne Goetze/cyclinginside.com

Lagi, Alberto Contador mempecundangi Cadel Evans. Kali ini "pertarungan" berlangsung di kejuaraan seri pro tour, Vuelta al Pais Vasco, di Spanyol, 7 sampai 12 April 2008. Contador, pembalap Tim Astana mengalahkan Evans (Australia/Tim Silence Lotto) di etape terakhir, Individual Time Trial (Aia-Orio) sejauh 20 kilometer. Pembalap Spanyol itu unggul 22 detik dari Evans yang membukukan waktu 29 menit 10,22 detik (Contador 29 menit 10 detik). Sebelumnya, Evans juga takluk atas kecepatan Contador di Tour de France 2007. Saat itu Contador juara dan Evans runner up.

Posisi itu kembali terulang di klasifikasi umum kejuaraan ini. Kemenangan Contador di etape terakhir memperkuat waktunya di klasifikasi umum menjadi 21 jam 3 menit 29 detik. Dan ia berhak atas medali emas. Evans berada di posisi kedua dengan margin 30 detik. Peringkat ketiga diperoleh pembalap Belanda (Rabobank), Thomas Dekker dengan selisih 5 detik dari Evans.

"Menang di kejuaraan ini merupakan gelar bergengsi buat saya," kata Contador dikutip cyclingnews.com. "Dan bisa unggul 22 detik di etape terakhir atas Evans benar-benar sebuah kejutan buat saya," tambahnya.

Hasil ini menempatkan Contador di posisi kedua klasemen sementara kategori pro tour series dengan nilai 58. Di atas Contador berdiri kokoh pembalap High Road asal Jerman, Andre Greipel dengan nilai 62. Lebih lengkapnya lihat susunannya di bawah ini.

ProTour standings

1 André Greipel (Ger) High Road 62 pts
2 Alberto Contador Velasco (Spa) Astana 58
3 Stijn Devolder (Bel) Quick Step 50
4 Jose Joaquin Rojas Gil (Spa) Caisse d'Epargne 45
5 Cadel Evans (Aus) Silence-Lotto 42
6 Oscar Freire Gomez (Spa) Rabobank 40
7 Nick Nuyens (Bel) Cofidis, Le Credit Par Telephone 40
8 Thomas Dekker (Ned) Rabobank 37
9 Juan Antonio Flecha Giannoni (Spa) Rabobank 35
10 Damiano Cunego (Ita) Lampre 33





No comments: