Monday, March 17, 2008

Paris Nice ke-66: Rebellin Juara di Nice

AFP Photo

Etape terakhir, mengambil tempat di Nice sejauh 119 kilometer, Davide Rebellin masuk finish di urutan 16. Sedangkan pesaingnya di klasifikasi umum Rinaldo Nocentini (Italia-Ag2r La Mondiale) melindas garis akhir jauh di belakang Rebellin. Hasil itupun menobatkan Rebellin, pembalap Italia, sebagai juara kejuaraan balap sepeda jalan raya Paris Nice ke-66, di Perancis, 9-16 Maret 2008.

Sepanjang etape, pembalap Tim Gerolsteiner ini tidak satupun meraih juara etape. Raihan terbaiknya adalah peringkat 4 di dua etape; etape 3 (Fleurei sampai Saint Etienne, 165.5 kilometer) dan etape 4 (Montellimar sampai Mont Ventoux, 176 kilometer). Posisi di dua etape itu mendongkrak namanya di urutan 4 klasifikasi umum dari posisi sebelumnya 18 (etape 2).

Memasuki etape 5, Althen des Paluds menuju Sisteron, 172.5 kilometer, posisi pembalap kelahiran 9 Agustus 1971 itu terus naik. Walaupun finish di urutan 22 pada etape 5, nama Rebellin menyodok ke peringkat dua klasifikasi umum, di bawah pembalap Rabobank, Robert Gesink (Belanda). Margin waktu kedua pembalap ini 32 detik.

Jersey kuning yang dikenakan Gesink hanya bertahan 24 jam. Rebellin menyalipnya di etape 6 (Sisteron menuju Cannes, 206 kilometer). Jersey kebanggaan pembalap itu di pertahankannya hingga akhir etape dengan keseluruhan waktu 29 jam 2 menit 48 detik. “Kejuaraan ini sangat keras dan indah,” ujar Rebellin dikutip dari cyclingnews.com. “Saya sedikit gugup di final. Saya tahu Rinaldo Nocentini dalam kondisi bagus. Dan perihal keunggulan 3 detik, itu tidak apa-apa.”

Tahun lalu Rebellin harus puas menjadi runner up setelah di etape akhir kalah dari Alberto Contador. Contador tidak ikut kejuaraan karena timnya (Astana-Red) tidak diundang pihak penyelenggara, Amaury Sport Organisation. “Saya benar-benar takut di final dan takut kehilangan segalanya,” katanya. Rebellin unggul 48 detik dari peringkat ketiga, Yaroslav Popovych (Ukraina-Silence Lotto).

No comments: