Thursday, February 14, 2008

Raih Prestasi Berkat Dukungan Mama

Profil: Tara Llanes (Pro Mountain Bike Racer)

Sedari kecil tidak pernah terbesit dalam benak Tara Llanes untuk hidup di dunia balap sepeda. Dirinya hanya menyukai olahraga kompetitif yang beradu kecepatan. Mulai dari bergabung dengan tim balap lari 100m, 200m, 4x100m, loncat tinggi, bahkan ikut tim basket. Lalu, siapa sangka olahraga balap sepeda-lah yang membesarkan namanya itu.

Nama besar Tara mulai mengkilap ketika dirinya memperoleh medali emas snow mountain biking di ESPN Winter X Games 1999. Di event tersebut dirinya berhasil menyisihkan pembalap April Lawyer dan Elke Brutsaerth. Dan sekedar informasi, di elite putranya, medali emas di raih Steve Peat, juara Mountain Bike World Championship 2004 dan 2006.

Namun, nasib sial dialami Tara pada tahun berikutnya. Dirinya tidak bisa mempertahankan medali emas dan akhirnya hanya mampu meraih medali perak. Kesuksesan wanita kelahiran West Covina, California, USA, 28 November 1976 dalam kejuaraan sepeda gunung tidak berhenti disitu. Buktinya, ditahun yang sama (2000) dirinya sanggup mendapatkan medali perak dalam kejuaraan UCI World Championship Duals. Kemudian ditahun berikutnya, dirinya masih memperoleh medali perunggu pada kejuaraan yang sama di usia 25 tahun.

Prestasi yang paling di banggakan dari pembalap berambut coklat adalah juara di Norba National Dual Slalom tahun 2002. Selain prestasi di atas sepeda, dirinya juga menganggap membeli sebuah rumah di kota pada usia 21 tahun, keluar dari rumahnya serta tinggal di Colorado usia 17 tahun sebagai sebuah prestasi.

Ada satu prestasi lagi yang menurut saya lebih berkesan. Yakni, ketika memutuskan berhenti bermain di kompetisi basket dan terjun ke balap sepeda mengikuti kata hati saya,” ucap pembalap berperingkat 28 dunia di 2007 untuk 4X ini.

Ada segudang prestasi, tentunya ada pula kekecewaan yang dialami Tara saat berlomba. Namun, kekecewaan ini tidak banyak dibanding dengan prestasi yang diperoleh. Tara mengakui hanya dua kali dia mengalami kekecewaan terbesar. Pertama, pada saat dia gagal meraih juara di Norba Downhill National Championship 2000. Padahal saat itu dirinya sudah begitu dekat meraih kemenangan, tapi dia jatuh dua kali dalam putaran final. Yang kedua adalah disaat tim downhill-nya (Specialized) jatuh.

Raihan prestasi yang didapat Tara dari dunia balap sepeda, juga membawa namanya ke dunia entertain. Perusahan elektronik Sony Computer Entertainment Amerika Inc, melalui pengembang Incog Inc. Entertainment, telah menciptakan video games (downhill domination) platform Playstation 2 dengan memakai dirinya. Games ini merupakan extreme sport/racing yang dapat dimainkan oleh 1-4 pemain.

Dunia hiburan lain yang dituju Tara adalah bintang iklan dan foto model. Keterlibatan dirinya di profesi itu pun tidak lepas dari kebesaran namanya di balap sepeda gunung serta kecantikannya. Foto dirinya pernah terpampang di Maxim Magazine dan print ad minuman berenergi Eas Piranha.

Dari BMX ke Mountain Bike

Tara Llanes adalah salah satu pembalap duals slalom terbaik di dunia. Dia memulai olahraga sepeda sejak tahun 1988, berawal dari BMX kemudian berpaling ke sepeda gunung tahun 1994.

Tidak pernah terpikir olehnya, kalau dirinya bakal menjadi atlit sepeda balap. Pekerjaan yang dia jalanin ini tidak pernah direncanakan sebelumnya. Namun, kesempatan yang membawa pemilik mata berwarna hijau ini nimbrung di olahraga yang memacu adrenalin.

Olahraga yang lebih dahulu digeluti dirinya adalah basket. Dan itu terjadi saat dirinya masih duduk dikelas tiga sekolah dasar. Kegemarannya pada basket terus berlanjut hingga sekolah menengah pertama. Olahraga atletik pun juga masuk dalam kehidupan masa kecilnya. Kemudian, kegemarannya terhadap olahraga tersebut beralih ke balap sepeda BMX. Kegemarannya itu muncul saat dirinya bersama ibunya sering melalui trek BMX. Ibunya kerap mengajak Tara menonton balapan BMX di trek itu, atau lebih dikenal dengan “Orange Y BMX”. Seminggu setelah menonton balapan BMX, ibunya membelikan dirinya sepeda BMX warna pink dengan gear AXO abu-abu.

“Pertama kali mengikuti perlombaan di trek itu, saya merasa gugup dan tidak tahu harus berbuat apa. Namun, siapa sangka malam itu ternyata merubah hidup saya,” ungkap Tara yang saat itu meraih posisi kedua.

Dua tahun kemudian, Tara sudah mengikuti persaingan di tingkat nasional. Dari hasil itu semua, dirinya berhasil masuk tim besar, Haro.

Setelah beberapa tahun dalam tim Haro, Tara mulai memikirkan sepeda gunung. Tepatnya di usia 16 tahun, dirinya mulai mencoba sepeda gunung. “Keinginan diri saya terhadap sepeda gunung saat itu sangat besar,” ujarnya.

Keinginan Tara untuk beralih ke balapan sepeda gunung mendapat respon positif dari manager tim Haro. Dirinya pun langsung disertakan dalam kompetisi Big Bear dan menang di kelas junior. Sejak saat itu, dirinya selalu berkeliling dunia dan bertemu banyak teman. (Tomi)

Biografi:

Nama: Tara Llanes
Tempat/Tanggal Lahir: West Covina, California, 28 November 1976
Tinggi: 5'4"
Berat: 118 lbs
Rambut: Hitam
Tempat tinggal: Brea, CA
Tim:
(BMX)
'88-'90 Aussie Racing
'90-'91 Haro
'91-'94 Haro/Crupi
(MTB)
'94-'96 Haro
'96-'97 Rotec
'97-'00 Specialized
'00-'02 Yeti/Pearl Izumi
'02-now Giant/Pearl Izumi

Prestasi:
Medali emas ESPN Winter X-Games Tahun 1999
Medali perak ESPN Winter X-Games Tahun 2000
Medali Perak UCI World Championship Dual Tahun 2000
Medali Perunggu UCI World Championship Dual Tahun 2001
Juara Norba National Dual Slalom Tahun 2002

No comments: