Thursday, February 21, 2008

Pengganti LX dan Hone

Belum puas menikmati komponen sepeda gunung Shimano 2008, pabrikan asal Jepang ini sudah mengumumkan produk 2009. Produk itu diberi nama SLX. Komponen SLX yang akan hadir dipasaran meliputi; hub, crankset, front derailleurs, rear derailleurs, disc brake dan shifter. Berikut uraian singkat komponen itu.


Rear Derailleurs (RD) Shadow

RD dari Shimano SLX diperlakukan sama seperti pada XT dan XTR (full shadow). Keuntungan terbesar komponen ini terlihat dengan tipisnya part itu, sehingga mengurangi kemungkinan RD rusak akibat terkena benda-benda kecil (semisal pasir, rerumputan, akar, dan lain lain). Dan, SLX ternyata lebih pendek dibanding seri sebelumnya (seri SLX mengganti LX dan Hone), lebih cepat dalam respon saat dilakukan shifting. Komponen ini tersedia dalam dua pilihan, medium cage (GS) dan long cage (SGS) dengan berat yang hanya 260 gram (LX 303 gram dan Hone 428 gram).


Shifter

Shifter SLX Rapidfire Plus berfitur teknologi 2-Way Release yang memungkinkan lever/tuas releasenya dioperasikan pada dua arah. Lebih jauh, display gearnya sudah berfitur optical dan bisa dicopot-copot.

Disc Brakes

Disc brake SLX berupa rem hidrolik dengan tenaga pengereman 20% lebih besar dibanding LX dan Hone berkat dibenamkannya teknologi Servo Wave pada levernya.


Hub dan Freehub

Hub dan freehub SLX dikembangkan dengan sealing berkulitas tinggi dan terdapat bearing cup dan cone agar didapat penyesuaian yang cepat dan daya tahan tinggi terutama pada sisi samping. Selain hub standar untuk QR (9 mm), hub depan juga ada yang versi thru axle 20 mm. Ingat, pada SLX, hubnya sudah centerlock, sehingga hanya bisa tune dengan rotor yang juga centerlock.

Crankset

Crankset SLX terdiri dua tipe Hollowtech II untuk kepentingan bersepeda. Tipe pertama diperuntukan buat jenis sepeda All Mountain (AM). Fitur crankset AM meliputi; double chainrings 36/22T dan didesain untuk memberi range lebih dari yang terdahulu 32/22T. Sedangkan tipe kedua adalah untuk sepeda Cross Country (XC). Crankset triple buat XC ini merupakan generasi dari XT dan XTR. Tipe ini menggunakan kombinasi chainrings 44/32/22T.


Front Derailleurs

Front Derailleurs SLX dikembangkan Shimano mengikuti model crankset yang ditawarkan. Buat double chainset, SLX menawarkan jenis FD yang khusus diperuntukan untuk all mountain. Tipe FD ini cocok dengan desain frame full suspension. Sedangkan untuk triple chainset, SLX menawarkan versi top swing and down swing. Tipe ini cocok untuk cross country.

No comments: